Cara Mudah Mengeluarkan Semut Yang Masuk Ketelinga

Bagian tubuh jika kemasukan benda asing tentu tidak nyaman bahkan bisa mengakibatkan infeksi dan sakit. Begitu pula dengan telinga organ pendengaran Anda, jika kemasukan benda asing tentu tak nyaman, apalagi kemasukan serangga seperti seekor semut.

Semut memang mungkin masuk ke dalam telinga Anda, apalagi didukung dengan ukurannya yang kecil. Jika Anda berada di lingkungan di mana banyak semut, maka tidak menutup kemungkinan ada semut yang masuk ke dalam telinga. Memang semut itu merupakan serangga yang bermanfaat, namun jika sudah masuk ke dalam telinga maka akan lain ceritanya. Mari baca selengkapnya.

Jika telinga Anda kemasukan serangga semut ini, Anda tidak sendiri, orang lain juga pernah merasakannya. Dan karena itulah, sekarang Anda bisa membaca solusi yang paling jitu untuk mengeluarkan serangga tersebut dari dalam telinga.

Kapan bisa kemasukan semut?

Waktu-waktu yang memungkinkan semut untuk masuk ke telinga Anda adalah ketika Anda sedang tidur, bersantai di lantai, atau mungkin mengambil buah di pohon. Apalagi jika Anda mengambil buah di sarang pohon yang banyak semutnya, kemudian semut tersebut jatuh di daerah daun telinga Anda, jika tidak hati-hati semut bisa masuk ke liang telinga dan berjalan semakin dalam. Apabila semut sudah berhasil masuk ke telinga, ketika semut tersebut berjalan saja sudah tentu membuat Anda merasa tidak nyaman, dan jika semut tersebut menggigit tentunya itu akan membuat Anda kesakitan, apalagi di dalam telinga.

Yang wajib dihindari ketika telinga kemasukan semut adalah sebagai berikut ini:

Menggunakan air

Anda sebaiknya menghindari menggunakan air untuk mengeluarkan semut. Sebab jika Anda memaksa menggunakan air, semut bukannya keluar justru akan menggigit liang telinga Anda. Alasan mengapa semut menggigit ketika Anda memasukkan air ke dalam telinga adalah karena semut menjadi terdesak, setelahnya semut pun akan menggigit. Jadi jika Anda tidak mau bagian dalam telinga terluka, jangan sekali-sekali menggunakan air untuk mengeluarkan semut yang masuk tersebut.

Yang sebaiknya Anda lakukan

Sekarang mari membahas apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengeluarkan semut sebagai berikut ini:

Menggunakan senter

Anda dapat menggunakan senter dan diarahkan ke dalam liang telinga yang kemasukan semut. Semut yang tersesat pada bagian dalam telinga Anda akan berusaha mengikuti cahaya untuk menemukan jalan keluar. Itulah gunanya Anda mengarahkan senter. Selain menggunakan senter, Anda juga bisa menggunakan sumber cahaya yang lain, contohnya lampu atau matahari, dan arahkan lubang telinga Anda ke sumber cahaya tersebut. Ini bisa dilakukan jika semutnya masih hidup dan masih berjalan sendirinya ke luar, tetapi apabila semutnya sudah mati Anda bisa menggunakan cara yang berikutnya.

Menggunakan Cotton buds

Apabila semut sudah mati di dalam telinga, maka menggunakan sumber cahaya akan sia-sia. Anda harus menggunakan Cotto buds dan kemudian mengeluarkan semut tersebut dari dalam telinga. Jika merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan ke dokter THT untuk membantu mengeluarkan semut tersebut, sebab mungkin jika mencoba mengeluarkan sendiri akan sedikit sulit, bisa-bisa semut terdorong semakin jauh ke dalam telinga.

Mengoles minyak kayu putih

Disebutkan juga Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dioleskan pada daerah daun telinga. Nanti semut akan keluar dengan sendirinya.

Semoga Postingan ini bermanfaat bagi Anda semua, Like dan Share postingan ini agar semakin banyak orang yang tahu.

Sumber: telingahidungtenggorokan.com

Ingin Mendapatkan Berita Terbaru, Silahkan Masukan Email Anda Di Bawah Ini:

0 Response to "Cara Mudah Mengeluarkan Semut Yang Masuk Ketelinga"

Posting Komentar